Print dari PDF lebih mudah dan aman


Sebenarnya yang fasilitas software paling familiar digunakan dari komputer adalah Microsoft Office. Hampir semua penguna komputer menggunakan ini, mulai tugas sekolah, tugas kuliah, surat menyurat kantor, bahkan menulis diari pribadi. Tapi ketika ingin diprint ke rental komputer -barulah timbul masalah. Tiba-tiba tulisan (font) berubah, tidak sesuai dengan yang diketik dirumah. Masalahnya cuma satu ditempat kita print tidak memiliki font, seperti komputer rumah. Masalah Font juga ada pada software lainnya seperti Freehand, Adobe Illustrator, dan CorelDraw.

Tapi bagi Pdf tidak berlaku demikian, apa isi Pdf sesuai dengan hasil printnya. Bahkan para pebisnis Offset Print (percetakan) dan Digital Printing lebih suka diberikan file Pdf, dengan alasan :

  • Font tidak berubah atau missing font
  • Desain tidak berubah
  • File tidak dapat diedit
  • Tinggal dicetak saja

Sudah tahukan alasannya, bagi yang merasa sudah berlama-lama ketik dan editannya penting apalagi menarik jadikan saja menjadi PDF. Tapi sayangnya hanya tidak semua program dapat men-save ke file PDF. Khusus Microsoft Office update-lah segera, sesuai versi produk Microsoft Office-nya. Kalau tidak ada, dapat gunakan Adobe Acrobat Professional atau PDF converter, tapi kalau sudah dijadikan PDF coba cek lagi apakah sama dengan hasil file awalnya.

Tapi yang terbiasa download Jurnal atau Ebook dalam format PDF dan ingin diprint cek dulu apakah dikunci atau tidak. Hati-hati karena file PDF ada beberapa kelebihan

Ini Kelebihan format PDF yaitu

  • File dapat di kunci
  • File hanya dapat dilihat tapi tidak bisa diprint
  • File ketika diprint dapat muncul watermark

Nah sekarang tidak perlu repot lagi juga di Only Print menerima Print dalam Format PDF🙂