Ukuran kertas Folio vs Legal


Mungkin beberapa dari kita sudah tahu perbedaan Legal dan Folio. Tapi terkadang masih ada saja yang tidak bisa membedakan ataupun belum tau. Uniknya sering kita mendapati orang belum tahu sama sekali, pernah costumer datang ke kita, “Mas Print pakai Hvs?” Kita balik bertanya “Ukurannya?” kemudian costumer itu marah “Mas kagak pernah ngeprint ya, masak Hvs aja tidak tahu?”, ya kita menjawab “Hvs itu nama jenis kertasnya, ukurannya A4, Kwarto, atau Folio”.

Dari cerita atas saja masih ada yang belum faham mengenai Hvs, apalagi yang dua hal ini Folio dan Legal. Apalagi penyebab utamanya ketiadaan settingan kertas Folio atau F4 pada Microsoft Office. Satu-satunya software yang baik hati adalah CorelDraw yang menyediakan ukuran Folio atau F4. Entah apa alasan vendor software yang jelas, kenapa tidak menyediakan ukuran kertas Folio.

Tapi kalau dilihat negara pembuat software tersebut, memang mereka tidak menggunakan kertas ukuran Folio melainkan Legal, Letter, dan A4 untuk standar penggunaan sehari-hari mereka.

Untuk informasi ini ukuran kertas Folio 21.59 cm x 33.02 cm (8.5 inchi x 13 inchi) dan Legal  21.59 cm x 35.6 cm (8.5 inchi x 14 inchi). Kalau dilihat selisihnya lumayan cukup jauh 2.58 cm, pantas saja waktu pertama kali Print dikertas Folio dengan ukuran Legal jadi tulisan bagian bawahnya hilang dan terkadang hilang. Mau tidak mau edit ulang lagi kalau ingin seperti hasil yang kita mau.

Solusinya sih sederhana, waktu pertama kali kita mengetik rubahlah ukuran Legal di  Microsoft Office menjadi custom size 8.5 inchi x 13 inchi ( 21.59 cm x 33.02 ). Yang jelas Folio sama Legal itu beda loh.🙂