New Era Digital Press


 

hp indigigo

Era Digital Press telah hadir, apakah ini akhir dari Offset Printing? Digital Press sendiri lahir dengan keutamaan kualitas dan fleksibitas. Secara singkat Digital Press adalah Printer cepat dan berukuran besar. Dari segi fleksibilitas Digital Press hadir sebagai solusi instan dari offset printing sendiri. Pada Offset Printing harus memiliki Plat Cetak, seperti mesin cetak Heidelberg GTO 52 memerlukan Plat sebelum dicetak. Dengan alur sederhana File – Plat – Mesin Cetak, tapi jangan lupakan kertasnya juga. Lain halnya dengan Digital Press dapat langsung diprint tanpa memerlukan Plat. Karena tidak memerlukan Plat lagi pada Digital Press, file dapat langsung diprint begitu saja. Kita cukup membayangkan saja printer laser yang ada dikantor anda itu berukuran besar dan sangat cepat serta tinggal print, itulah Digital Press.

xerox igen4

Mesin-mesin digital Pres memang dikuasai oleh merek terkenal. Seperti HP Indigo, Xerox Igen4, Konica Bizhub, dan beberapa merek lainnya. Mesin-mesin ini memiliki masing-masing kelebihan tersendiri tapi tetap memiliki kesamaan yaitu dapat mencetak ukuran A3+ dan tentunya sangat cepat.

hp indigigo 3550

Dengan makin sedikitnya waktu dan kebutuhan makin hadir begitu cepatnya. Digital Press sendiri menjadi solusi produksi cetak yang cepat dan berkualitas, tidak seperti pada offset printing setelah selesai dicetak harus menunggu kering. Biasanya proses cetak 1 rim brosur membutuhkan waktu paling cepat 2 hari, kini cuma 30 menit selesai. Bagaimana dengan segi harga? Tentunya belum ada yang bisa mengalahkan Offset Printing. Untuk Digital Press tidak berlaku “ongkos cetak”, hitungan tetap pada perlembar kertas yang dibuat.

heidelberg

Sekarang dari segi kualitas, pastilah menang Digital Press, misal pada Xerox yang bisa memberikan efek gloss pada setiap hasil printnya. Sebenarnya tidak serta-merta begitu saja sih, pada offset printing. Skill operatorlah yang menentukan hasil cetak menjadi seperti diingikan. Kalau Operator mesin cetak offset itu mumpuni, pastilah hasilnya tidak meleset seperti yang kita inginkan. Masalah yang sering terjadi adalah ketika kita Print sample cetak pada digital press merek tertentu, seringkali membuat kebingungan dan berpikir panjang agar menyamakan hasil cetak dengan sample cetak. Hanya beberapa mesin Digital Press yang memiliki pewarnaan yang hampir sama dengan Mesin Cetak Offset. Beberapa mesin digital press sekarang mencoba memberi hasil terbaik, mulai efek gloss sampai kerapatan pixel yang tinggi.

technology xerox

Di Indonesia sendiri beberapa pelaku bisnis Digital Press mulai bermunculan beberapa tahun belakangan, tapi tidak bisa menghentikan bisnis offset printing sendiri. Entah karena sebagian besar suplay Digital Press masih dari luar Indonesia, ataupun biaya maintenance yang cukup tinggi. Lain halnya dengan Offset Printing, mayoritas operator Mesin cetak dapat maintenance dan memperbaiki sendiri mesin cetaknya. Point yang paling utama lahirnya Digital Press belum dapat menggantikan sepenuhnya Offset Printing apalagi dalam segi harga murah dan oplah banyak, offset printing belum tergantikan tahtanya.🙂

sumber foto :
http://www.xerox.com
http://www.hp.com
http://www.heidelberg.com