Printer Untuk Cetak Foto


Printer memiliki masa depan teknologi yang baik, khususnya printer inkjet. Kita dapat menemukan berbagai macam Printer Inkjet yang dirancang berbagai kebutuhan seperti Printer Rumahan; yang dipergunakan hanya sebatas print, scan, dan foto (meski masih berkualitas rendah). Berikutnya Printer Inkjet dirancang untuk kebutuhan kantor; yang memiliki kemampuan print, scan, fax, fotocopy dan disayang untuk kualitas fotonya masih rendah. Yang terakhir Printer Inkjet dirancang khusus para Pebisnis (UKM), lini kelas ini terbagi 2 macam; yang pertama untuk kemampuan produksi tinggi dan yang kedua untuk kelas foto.

Untuk Printer Kelas Foto yang yang dibahas yang tentunya dengan harga yang terjangkau kisaran range harga 3-5 juta. Memang disayangkan belum ada printer foto dengan kualitas bagus di kisaran harga 1-2 juta. Printer Untuk Cetak Foto yang hadir di Indonesia baru ada 2 produsen dari Jepang yaitu; Canon dan Epson. Sebenarnya untuk memilih Printer cetak foto sangatlah mudah yaitu yang memiliki kerapatan hasil print yang tinggi dan miliki lubang Printhead yang sangat kecil. Karena dengan tingkat kerapatan yang tinggi akan menghasilkan Foto yang sama dengan Hasil dicetak Lab seperti Kodak, Fuji Film, dan Konica.

Nah lanjut dari itu lebih baik kita langsung membicarakan 2 Printer Untuk Mencetak Foto:

1. Printer Epson L800

 

espon L800
sumber gambar : http://www.epson.co.id

Printer Epson L800 adalah printer cetak foto yang terintegrasi dengan sistem infus. Printer ini tentunya dari segi biaya produksi khususnya tinta cukup rendah. Printer Epson L800 ini memiliki tingkat kerapatan tetesan tintannya 1.5 picoliter, yang menyemprotkan tinta sangat kecil. Bila kita lihat dengan dekat titik-titik tinta sangat samar, lain halnya dengan printer epson lainnya misal Epson L300 yang tingkat kerapatan tintanya 3 picoliter, ketika kita melihat hasil fotonya; ink dotnya masil terlihat oleh mata awan.

Printer Epson L800 ini memiliki 6 warna tinta berbeda yaitu Black, Cyan, Light Cyan, Magenta, Light Magenta, dan Yellow. Kedua warna Light Cyan dan Light Magenta inilah yang membuat hasil cetak fotonya begitu nyata.

2. Printer Canon ip8770

canon ip8770
sumber  gambar : http://www.canon.co.id

Printer Canon ip8770 salah satu printer terbaik dari canon khusus foto. Printer canon ini memiliki tingkat kerapatan tetesan tintannya hingga 1 picoliter. Dengan tingkat kerapatan yang tinggi Printer Canon ini menghasilnya foto yang sangat baik. Printer ini termasuk Printer Foto yang menghasilkan Foto Monockrom (hitam putih), tidak seperti Printer foto yang lainnya cenderung menghasilkan foto sedikit kebiruan.

Printer Canon ip8770 ini memiliki 6 warna juga, tapi tidak seperti pada Printer Epson. Printer Canon ini memiliki 5 warna photo yaitu Black, Cyan, Magenta, Yellow, dan Grey. Pada warna Grey (abu-abu) inilah kelebihannya. Dan salah satu kelebihan Printer ini adalah 1 warna lagi yaitu Black Pigment. Tinta ini khusus digunakan untuk teks hitam putih, yang tintanya water prof (anti air, selain dapat cetak Foto Printer Canon ip8770 dapat digunakan untuk print harian juga.