Mengenal Digital Printing

Digital Printing

Digital Printing adalah salah satu metode printing secara langsung dari gambar digital ke sebuah printer. Digital printing sendiri mengacu pada kemampuan produksi skala cepat atau skala besar. Ini ditandai dengan kehadiran Printer-printer yang berukuran besar dan cepat. Lain halnya dengan Offset Printing sendiri yang masih memerlukan Plat aluminium atau Film, Digital Printing dapat secara langsung dari komputer ke Printer. Tapi mengenai biaya tentunya masih lebih murah offset printing. Mesin Digital Printing sebenarnya terbagi dua yaitu berbasis Printer Inkjet dan Printer Laser.

Printer Inkjet

Salah satu kemampuan Digital Printing adalah Print media dalam ukuran besar dengan Printer Inkjet yang biasa kita gunakan pada spanduk, x-banner dan juga ada Printer Inkjet di media kertas biasa dengan kemampuan sangat cepat.

Keduanya memiliki point lebih tersendiri; Printer Inkjet berukuran besar dan lebar digunakan untuk print ukuran lebar dan panjang tapi masih tergolong lambat produksinya. yang kedua Printer Inkjet yang berukuran kecil  biasa digunakan untuk print pada media kertas biasa serta memiliki kemampuan sangat cepat.

Printer Laser

Printer laser khusus Digital Printing memiliki kemampuan produksi skala banyak dan tentunya kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dari Printer Laser yang biasa digunakan Kantoran. Printer Laser Digital Printing memiliki ukuran yang cukup besar dan kecepatan tinggi. Dari segi kecepatan Printer ini sudah dapat menyamai kemampuan Offset Printing (mesin cetak). Dengan kelebihan masing-masing produsennya seperti Canon, HP, dan Xerox; Printer Laser ini ada yang sudah mampu Binding Buku dengan otomatis dan Juga ada yang menghasilkan Print Media seperti telah di vernis.

%d bloggers like this: