gambar jenis kertas

Jenis Kertas dan Kegunaannya

Jenis Kertas

Definisi Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun.

Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Tidak hanya sebagai media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa menjadi objek seni seperti origami.

Memang benar, kertas telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas acap kali kita gunakan, seperti pada waktu belanja, parkir kendaran, bayar tagihan, atm dan masuk jalan tol. Biasa kita terima dalam bentuk Struk Kertas, bukan hanya itu kertas juga bisa untuk membungkus makanan kita loh.

Kertas sejak awal penciptaannya untuk mendokumentasikan karya baik tulisan ataupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas sendiri berubah bentuk berdasarkan fungsi dokumentasinya; seperti pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya. Kesemuanya itu memiki ciri khas permukaan kertas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya.

Jenis-Jenis Kertas Berdasarkan Kegunaannya :

1. HVS

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum kita gunakan pada perkantoran dan sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, dalam media kertas untuk isi Buku.

Lihat Juga : Print HVS cuma Rp 200.

2. Book Paper

Ciri khas kertas ini bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Kertas ini kegunaannya khusus untuk Buku yang sifat teks saja,karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini tercipta agar membuat mata anda selalu nyaman berlama-lama dalam membaca buku.

3. Art Paper

Ciri khas kertas ini bertektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kertas ini untuk pemakaian brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail. Kertas ini memang terkesan lebih lux apalagi dengan tambahan laminasi glossy ataupun dov.

4. Art Carton

Ciri khas kertas ini bertekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kertas ini biasa kita lihat pada Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, Box Produk, Undangan dan masih banyak lainnya. Untuk Kartu Nama dan Cover Buku sendiri sangat cocok menggunakan ketebalan kertas 260 gsm.

Lihat Juga : Ukuran Standar Poster.

5. Karton BW

Kertas ini bertekstur halus, putih, dengan ketebalan 240 gsm. Karton BW bermanfaat sekali untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya . Kertas ini cocok untuk ditulis lewat pena seperti kertas HVS.

6. Jasmine

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas pada permukaan kertasnya. Kertas ini biasa digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan. Kertas ini banyak memiliki varian warna.

7. Concorde

Ciri khas kertas ini bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas ini sering kali juga untuk alternatif pilihan Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan lainnya. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft.

8. Linen Jepang

Ciri khas kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan. Kertas ini memiliki ketebalan 240 gsm, sebagai alternatif pilihan untuk Sertifikat, dan Kartu Nama karena permukaan kertas seperti kain. Dan sedikit memiliki varian warna.

9. Buffalo

Ciri khas kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti guratan kayu. Kertas ini biasa tebal digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran. Kertas ini juga memiliki banyak varian warna.

10. NCR

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, tipis, dan memiliki partikel karbon. Kertas ini biasa sering kita lihat pada Nota, Bon, Struk,Faktur, Surat Jalan dan lainnya. Kertas ini mudah ditulis dan bisa mengcopy langsung pada kertas halaman kedua karena ada partikel karbonnya.

11. Stiker Kromo

Ciri khas kertas ini bertekstur lincin, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Kertas ini biasa ada pada media promosi yang menempel pada tempat-tempat tertentu.

12. Stiker Vinyl

Ciri khas kertas ini hasil sintetis, dengan ciri licin, halus, mengkilap, lentur dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Kertas ini biasa menempel pada bagian motor, mobil, helm, dan lainnya. Karena kertas ini bermanfaat sekali dalam otomotif karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas seperti pada kertas umumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi varian jenis kertas berdasarkan Kegunaannya . Nanti kami akan tambah jenis-jenis kertas. 🙂

Lihat Juga : Ukuran Standar Kertas.
%d blogger menyukai ini: