Tips Membeli Printer

Seringkali kita tergiur dengan harga Printer yang murah, ternyata biayanya catrige tintanya mahal atau sebaliknya tidak sesuai dengan kebutuhan kerja anda. Para produsen Printer sebenarnya telah menciptakan beberapa Printer sesuai dengan kebutuhan costumernya. Umumnya dibagi atas 3 Jenis Printer :

  • Printer Rumah
  • Printer Kantor
  • Printer Bisnis/Produksi

Dari ketiga jenis Printer diatas terbagi lagi 2 Fungsi Printer :

Single Fungsi : Printer yang hanya sebatas print saja.

Multi Fungsi : Printer dengan kemampuan berbagai macam mulai Print, Scan, Fotocopy, dan Fax

Tentunya dari berbagai kemampuan printer sering kita bingung mau membeli printernya yang mana? Berdasarkan harga? Atau kebutuhan? Berikut Tips Membeli Printer untuk yang anda perlu ketahui :

1. Jenis Printer Yang Anda Butuhkan

Ingin Printer Inkjet atau Printer Laser? Nah ini point penting kalau dilihat biaya Catrige dan Toner, masih lebih mahal pembelian Tonernya karena kapasitas tintanya lebih banyak dan tintanya anti air. Sedang untuk Printer Inkjet pembelian Cartridgenya masih lebih terjangkau tapi kapasitas tintanya lebih sedikit dibanding Printer Laser.

2. Apakah Anda Membutuhkan Printer Warna?

Untuk Harga Printer dan biaya tinta yang lebih murah tentunya hanya sebatas print hitam putih. Kita tengok apakah anda butuh Print Warna? Atau lebih banyak mana anda sering print, hitam putih atau warna?

3. Ukuran Printer

Meski ini tidak terlalu penting, namun ukuran juga terlihat penting kalau dibandingkan ukuran ruangan kantor ataupun rumah anda. Jangan-jangan malah semakin sempit, apalagi meja kerja anda cukup kecil.

4. Koneksi Printer Yang Anda Butuhkan?

Dengan meningkatnya teknologi dan cara kerja anda, alangkah baiknyamelihat faktor ini. Contoh kecil saja; Saya saja mengetik artikel ini lewat Handpone. Kalau saya ingin diprint, tinggal print saja langsung dari handphone ini via wireless. Dan juga dengan keunggulan printer yang sudah teknologi Print Wireless, tidak dibuat repot lagi pengaturan kabel printer.

5. Kualitas Hasil Print Yang Anda Butuhkan?

Kalau anda bekerja dalam bidang desain pilihlah printer yang memiliki resolusi tinggi dan kemampuan cetak foto. Kemampuan cetak foto sebagai patokan untuk printer yang memiliki hasil print yang lebih baik.

6. Berapa Banyak Yang Diprint?

Kalau anda merasa banyak sekali yang diprint tiap harinya, pilihlah printer yang kemampuan produksinya lebih dari 6000 lembar/bulan atau lebih. Kalau tidak baru 3 bulan printer yang anda pakai sudah rusak.

7. Berapa Biaya Printnya?

Yang terakhir biaya print, boleh jadi beli printernya murah biaya tintanya mahal. Biasakan cek dulu harga catrige atau toner printer yang anda beli, serta cek berapa banyak yang diprint dalam satu catrige atau toner.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat buat anda, jangan tergiur begitu saja dengan Promo dan Harga Murah. Tanyakan lebih detail ditempat anda biasa membeli.😉

%d bloggers like this: