Ukuran Kertas A3 dan A3+

Kertas Ukuran A3 adalah ukuran kertas yang biasa dipakai oleh Arsitek, Notaris, Desain Grafis, dan berbagai kalangan tertentu yang menggunakan kertas ukuran kertas ini untuk keperluan laporan kerja dan tugas sekolah/kuliah. Ukuran Kertas A3 adalah 29.7 cm x 42 cm. Ukuran kertas ini tepat 2x dari ukuran A4, cukup besar memang. Tapi beberapa kalangan masih dianggap kecil. Misal pada kalangan Arsitektur beberapa menggunakan kertas ukuran A2 dengan ukuran 42 cm x 59.4 cm.

Sekarang ini ada Ukuran Kertas A3+ 32 cm x 48 cm, hadir karena perkembangan digital printing, khususnya Printer Laser skala bisnis, seperti pada Printer Konica Bizhub, Xerox Igen, HP Indigo, ataupun Develop Ineo. Kertas ukuran ini biasanya digunakan pada kalangan Industri Grafika khususnya percetakan yang memerlukan skala cetak dalam dibawah Cetak Offset. Printer Laser Kelas bisnis ini memang memiliki pewarnaan yang hampir sama dengan Mesin Cetak Offset yang bisa digunakan untuk cetak kartu nama, poster, brosur, company profile, booklet, dan lain-lain. Namun dari segi harga masih cukup mahal dibanding Cetak sendiri.

Ukuran Kertas A3+ ini biasanya menggunakan Kertas hvs, art paper, art carton, stiker cromo, karton bw, dan berbagai jenis kertas lainnya yang disupport oleh Printer Laser Kelas Bisnis. Mungkin nanti tinggal menunggu waktu perkembangan dunia digital printing dengan ukuran kertas A2, A1, bahkan A0.

 

%d bloggers like this: