Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4 sering kali menjadi masalah dalam dunia printing dan pengetikan, karena dalam Microsoft Office sendiri ukuran F4 tidak ada baik pada versi terdahulu hingga kini. Entah kenapa ukuran kertas F4 di tiadakan, boleh jadi ukuran kertas F4 adalah ukuran kertas yang ada di Indonesia. Kertas F4 sering disebut  Folio,

Ukuran Kertas F4 21.5 cm x 33 cm, ada beberapa produsen kertas seperti PaperOne menggunakan ukuran 21.6 cm x 33 cm. Sebenarnya itu tidak masalah karena cuma selisih 1 mm saja.

Dalam pengetikan dan Print sebaiknya ukuran kertas pada Microsoft Word di ubah menjadi costum size 21.5 cm x 33 cm karena ukuran Legal pada Microsoft Word sendiri adalah 21.59 cm x 35.56 cm tentunya ini selisihnya cukup jauh. Jadi tulisan pada bawah halaman pas ingin di print tidak masuk ke area kertas F4.

ukuran folio dan legal
Tabel Perbandingan Folio dan Legal

Kalaupun pada waktu kita Print baru di edit hasilnya bisa berantakkan. Maka telitilah sebelum mengetik Tugas ataupun Laporan Kerja. Bisa-bisa kita rugi karena kesalahan kita sendiri. Karena beberapa Tempat Print masih cukup awam dengan ukuran kertas ini.

🙂

%d bloggers like this: