Apa Sih? Jilid Lem Panas itu

jilid buku lem panas

Jilid Buku Lem Panas

Penjilidan adalah proses menyatukan lembaran kertas-kertas secara berurutan menjadi sebuah buku. Dalam penjilidan sendiri membutuhkan adanya lem, sebagai media perekat lembaran kertas tersebut dengan cover buku.

Dalam proses membuat buku, tidak dapat dipungkiri membutuhkan adanya lem. Ditempat fotocopy banyak memakai lem untuk keperluan jilid, entah itu merek Aibon, Reskol maupun Fox, ya, lem-lem tersebut menjadi standar dalam mengelem sebuah buku.

Bagaimana dengan lem panas sendiri? Lem panas salah satu jenis perfect binding, selain jahit benang.

Karena kebutuhan buku yang relatif banyak dan memerlukan waktu cepat, maka lem panas ini hadir untuk menunjang dalam cetak buku.

Lem panas dapat kering dengan sempurna dalam waktu 2 jam, dibandingkan jenis lem Aibon, Reskol, maupun Fox (lem ini membutuhkan seharian untuk kering sempurna)

Sayangnya lem panas sendiri, membutuhkan adanya mesin khusus untuk menjilid. Tidak dapat hanya mengandalkan keterampilan tangan saja.

Keuntungan Jilid Lem Panas Pada Buku.

  • Menarik secara bentuk buku.
  • Kekuatan jilidnya sangat kuat
  • Daya tahannya sangat lama
  • Pada punggung buku bisa ditulis nama judul, pengarang, dan penerbit.

Poin diatas dapat dijabarkan nilai lebih lem panas, kenapa menarik? Punggung buku menjadi siku dengan sempurna, dan keras pada bagian terlemnya.

Kalau kita lihat buku-buku pelajaran atau novel yang biasa kita baca. Semua itu memakai jilid lem panas loh. Penting sekali buat buku yang dijual menggunakan lem panas,otomatis meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap buku tersebut.

Lihat juga : Ukuran Standar Buku.